Cara Memelihara

Jumat

Step by Step Terapi Dasar Cendet Macet atau Stres

Step by Step Terapi Dasar Cendet Macet atau Stres

Burung cendet kesayangan Anda mengalami stres dan macet bunyi, coba step by step terapi dasar cendet macet atau stres berikut ini:

  1. Shubuh diembunken sampe matahari terbit.
  2. Keluar matahari, beri sarapan sepenuhnya jangkrik, untuk berapa jumlah jangkrik yang kita berikan adalah mengikuti kemauan si cendet hingga burung merasa kenyang dengan jangkrik yang kita berikan.
  3. Jemur si cendet hingga jam 10 pagi.
  4. Setiap hari Mandikan sampa basah kuyup (untuk Cendet normal, mandi dulu baru jemur tidak masalah, namun untuk cendet stress harus jemur dulu baru mandi, alasannya, Cendet stress itu pencernaannya juga kemungkinan terjadi gangguan, dengan jemur setelah sarapan harapannya terjadi proses penggilingan makanan dan penyerapan nutrisi secara maksimal. Nutrisi yang terserap maksimal akan menurunkan stress secara alami dari dalam tubuh. Adapun mandi kenapa harus setelah jemur, alasannya supaya burung bisa relaksasi dengan basahnya air, tapi jangan setelah dientas dari jemur langsung disemproti "bisa-bisa mati". Setelah dientas, angin-anginkan dulu, setelah itu baru semprot.
  5. Setelah dimandikan, baru kita berikan pakan kroto, kemudian full krodong hingga sore hari.
  6. Pada sore harinya berikan pakan full jangkrik.
  7. Kerodong lagi sampai pagi dan digantang di tempat yang tenang, upayakan jangan sampai dengar suara cendet lain, walaupun cuman sekedar bunyi teeet. kalau sekiranya tidak ada tempat yang bener-benar steril dari suara cendet lain, jangan dititipken ketemen atau tetangga, karena wira-wiri perjalanannya juga rawan nambahi stress, percuma telah diterapi. Lalu bagaimana donk solusinya? taruh aja disaatu ruangan yang terpisah, jadi burung yang stress dalam posisi sendirian, lalu mainkan mp3 suara gemericik air, atau bisa juga musiknya KITARO, itu sangat efektif dalam membentuk suasana relaksasi dan menyamarkan suara cendet lain.

Sebagai catatan, cendet stress jangan dimandi malam, itu ide yang buruk malah akan memmbuat si burung kaget, dan menyebabkan burung tambah stres karena perlakuan tersebut. intinya Cendet stress itu kita kondisikan sealami mungkin.

semoga bermanfaat.