Cara Memelihara

Sabtu

Kelinci Belang Sumatera - Nesolagus netscheri

Tidak ada komentar :
cek harga - Kelinci Belang Sumatera atau Kelinci Sumatera (Nesolagus netscheri) adalah sejenis kelinci liar yang merupakan satwa endemik Sumatera. Binatang ini diyakini sebagai satu-satunya as kelinci asli Indonesia. Dalam bahasa Inggris kelinci ini disebut Sumatran Striped Rabbit, Sumatran Rabbit, dan Sumatran Short-eared Rabbit.

Panjang tubuh sekitar 40 cm dan berat sekitar 1,5 kg. berwarna coklat kekuningan dengan garis warna hitam yang membujur sepanjang tubuhnya. Sedangkan bulu di bagian perutnya berwarna putih. Merupakan hewan herbivora (pemakan tumbuhan= menyukai pucuk daun muda dan tangkai tanaman yang rendah) dan nokturnal (lebih sering beraktifitas di malam hari). Habitatnya adalah hutan-hutan tropis di beberapa gunung di pulau Sumatera seperti Gunung Kerinci, Gunung Barisan, dan Gunung Leuser. Binatang ini mendiami kawasan pada ketinggian antara 600-1600 meter dpl.

Populasi saat ini tidak diketahui dengan pasti namun diduga keras sangat langka di habitat aslinya. Penampakan langsung (dengan mata telanjang) terakhir kali pada tahun 1972. Setelah itu baru teramati dua kali pada tahun 2000 dan 2007 itupun melalui kamera pengintai (camera trap) yang dipasang di wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Sehingga praktis selama 30 tahun terakhir, kelinci asli Indonesia ini belum sekalipun dapat ditemui secara langsung.

Sejak tahun 2008, Kelinci Belang Sumatera oleh IUCN Redlist, dimasukkan dalam status konservasi “Vulnerable” (Rentan) meskipun pernah didaftarkan sebagai “Critically Endangered” (Kritis) pada tahun 1996 dan “Endangered” (Terancam) (1994). Akankah kelinci liar asli Indonesia ini menjadi sekedar dongeng buat anak cucu kita?
( pasar hewan online )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar