Cara Memelihara

Selasa

Peraturan Lomba Ikan Cupang Aduan

Tidak ada komentar :

kontes - Dalam dunia perlobaan ikan cupang aduan, perlu adanya suatu aturan guna ketertiban dan kelancaan perlombaan tersebut. Adapun peraturan tersebut terbagi menjadi dua peraturan yaitu peraturan baku dan peraturan kesepakatan

Peraturan baku, adapun beberapa peraturan baku yang sering kali digunakan dalam setiap perlombaan petaungan cupang aduan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Stoples yang digunakan sebagai arena petarungan disediakan oleh penyelenggara atau panitia.
  2. Stoples dalam keadaan kosong sebelum ada kesepakatan bahwa ikan cupang adu siap untuk bertarung.
  3. Pegisian air kedalam stoples yang dilakukan oleh panitia harus disaksikan oleh kedua pihak pemilik cupang adu yang akan melakukan pertarungan.
  4. Saat pertarungan berlangsung, stoples yang dijadikan arena bertarung kedua  cupang aduan tidak boleh disentuh siapapun baik panitia, pemiliki maupun penonton.


Peraturan kesepakatan, dalam hal ini aturan yang menentukan aturan kesepakatan tentang berapa lama pertarungan berlangsung

  1. Lama pertarungan ditentukan oleh kedua belah pihak, jika melebihi waktu yang telah ditentukan tetapi belum menunjukkan tanda–tanda ada cupang adu yang kalah maka pertarungan dianggap seri.
  2. Lama pertarungan tidak dibatasi, pemenangnya ditentukan sampai salah satu ikan cupang kalah.
  3. Lama pertarungan tidak dibatasi, pemenangnya ditentukan setelah salahsatu ikan cupang sudah menghindari lawannya, meskipun lawan tersebut sudah tidak sanggup lagi melancarkan serangan.
  4. Lama pertarungan ditentukan selama 1 – 3 jam (tergantung pada daerah), jika tidak ada ikan cupang aduan yang kalah maka perlu diturunkan cupang ketiga yang disebut “algojo”. Pemenangnya ditentukan dari jumlah pukulan dari algojo yang sanggup ditahan ikan cupang. Ikan cupang adu algojo disiapkan oleh penyelenggara dan harus disetujui oleh kedua belah pihak.

dejabotabek

Tidak ada komentar :

Posting Komentar