Cara Memelihara

Selasa

Perawatan Burung Rambatan Sebagai Masteran

Tidak ada komentar :
penangkar - Sesuai dengan namanya burung Rambatan sering kali ditemui dialam liar memiliki kebiasaan memanjat atau merambat di batang pohon, burung ini memiliki warna bulu yang begitu mencolok dan indah. Bagi para pecinta burung ocehan (kicaumania) burung ini dipelihara sebagai burung masteran yang sangat cocok di pakai untuk memaster burung Kenari, Love Bird, Pentet, Anis kembang, Murai Batu, Anis Merah dan lain-lain.

Nah, bagi sobat kicau yang ingin coba memelihara burung jenis ini, simak standar perawatannya sebagai berikut ini:
  • Bagi sobat yang sedang merawat burung Rambatan yang belum mau makan Voer (Baru di tangkap dari hutan), berikan Voer yang sudah dihaluskan dan di campur dengan kroto dengan perbandingan 50% Kroto : 50% Voer, dan setiap 2-3 hari sekali komposisi krotonya di kurangi sampai burung tersebut mau makan voer tanpa di campur Kroto.
  • Pada setiap pagi dan sore berikan 3 ekor jangkrik kuntring, ulat hongkong 5 ekor pada siang hari, dan Kroto bisa di berikan 2 hari sekali untuk burung yang sudah mau makan Voer.
  • Perlu Sobat ketahui, dalam pemberian voer berikan secukupnya saja. karena burung rambatan ini termasuk burung yang senang makan dan akan berakibat burung mengalami obesitas sehingga Nantinya burung bisa malas berbunyi dikarenakan kegemukan.
  • Berikan Vitamin setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya.
  • Mandikan burung 2 hari sekali dengan mencampurkan shampo burung agar terhindar dari kutu dan kuman.
  • Dalam menjemur burung Rambatan cukup ½ - 1 Jam di bawah jam 10:00 pagi, karena burung Ini termasuk yang menyukai suhu yang sejuk.
  • Memelihara burung Rambatan akan lebih bagus kalau burung ini di pelihara sepasang jantan dan betinanya, karena akan menjadikan burung menjadi rajin bunyi bersahutan.
  • Tempatkan Burung Rambatan di sangkar yang berukuran meninggi ke atas, dan selain di be Rikan tangkringan juga harus di berikan kayu dengan posisi miring atau vertikal.  Ini berguna untuk menyalurkan kebiasaan burung ini yang gemar memanjat atau merambat di pepohonan.

( penang bird )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar