Cara Memelihara

Rabu

Jawa Sungut Merpati Endemik yang Super Langka

Tidak ada komentar :
peternak - Dari sekian banyak jenis merpati endemik yang ada di Indonesia, jawa sungut merupakan jenis yang paling fenomenal. Bagaimana tidak, merpati jawa sungut (JS) ini memiliki homing yang kuat meskipun masih kalah jika dibandingkan dengan jenis merpati pos, namun JS memiliki keunggulan tersendiri yaitu mampu terbang dimalam hari disaat bulan purnama. Karena hal tersebut banyak diantara para penghobi merpati pos melakukan persilangan antara jawa sungut dengan merpati pos dengan harapan rambon yang dihasilkan akan lebih baik. Selain kemampuan terbangnya, JS salah satu jenis yang merpati yang sudah amat langka dalam kemurnian Keturunannya.
Untuk lebih mengenal merpati jawa sungut berikut ini kami sajikan rangkuman yang coba kami kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini:
Merpati Sungut / jawa sungut terdapat 2 jenis yaitu:
  1. Sungut kucing di sebut begitu karena bulu halus diatas hidung tumbuh ke samping belah tengah hidung kayak kumis, jenis ini sangat langka ( sampai saat ini sangat susah menjumpai jenis ini apalagi di pasaran ).
  2. Sungut polos sungut ini masih banyak kita jumpai di pasar2 yg membedakan sungut jenis ini sama sungut kucing hanya bulu halus diatas hidung kalo yg jenis ini bulu halusnya sedikit jegrak.
Jawa Sungut memiliki karakter terbang seperti berikut ini:

  • Memiliki kelebihan terbang tinggi diatas rata-rata merpati lainnya, istilah jawanya nglamuk/melik-melik,
  • Kecepata terbangnya di bawah rata-rata merpati lainnya.
  • Malas terbang, namun bila terbang dia akan terbang sangat tinggi sekali. Dan kalau turun seperti burung alap-alap.

Dan berikut ini adalah sedikit pakem/kriteria ideal tentang merpati Jawa Sungut dari komunitas IEPC ( Indonesian Endemic Pigeon Community ) yang tentunya belum 100% sempurna, beberapa hal pokok disini nantinya yang akan kita buat acuan kontes atau catatan ideal seekor merpati Jawa Sungut.
  • Paruh berwarna hitam dan pendek, antara kepala dan paruh lurus/tanpa cekung seolah membentuk sudut lancip,
  • Pial hidung tertutup bulu bulu tegak tipis/seolah sungut(kumis),
  • Mata merah gelap (mata jawa),
  • Bulu badan keseluruhan hitam legam,
  • Leher kekar berbulu lebat,
  • Badan besar makin besar makin bagus,
  • Sayap kuat tulangan besar,
  • Kaki berwarna merah keunguan dan bersih tanpa bulu,
  • Kuku kuku berwarna hitam
Untuk mendapatkan jenis merpati sungut yang masih berdarah JS murni (belum disilangkan dengan jenis lain) saat ini amat sangat susah, JS sangatlah langka hal ini disebabkan banyak jenis ini dijadikan sebagai merpati pedaging karena rata-rata merpati jawa sungut mempunyai body besar dan daging yang tebal.

Berikut adalah beberapa koleksi merpati jawa sunggut yang tetap dilestarikan oleh para pecinta burung merpati endemik.

jawa sungut banyumasan

jawa sungut betawi

Jawa Sungut Kedu

Jawa Sungut Madura
Sekian semoga rangkuman yang kami himpundari beberapa narasumber ini mampu menambah wawasan Sobat tentang jenis merpati jawa sungut (JS) yang saat ini harga jual amat tinggi karena makin super langka nya jenis ini dipasaran maupun yang dimiliki oleh para pecinta merpati. Salam bekur ( lampung lovers )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar