Cara Memelihara

Jumat

10 Klasifikasi Merpati Hias Di Dunia

Tidak ada komentar :
varietas unggul - Apakah Sobat tertarik untuk terjun didunia hobi merpati hias atau bahkan mungkin ingin terjun sebagai breeder/peternak Merpati hias? Jika benar, Sobat perlu mengetahui klasifikasi merpati hias yang saat ini telah dan sedang dikembangkan oleh para peternak seluruh dunia. Nah apa sajakah klasifikasi Merpati Hias tersebut, mari simak klasifikasinya sebagai berikut:
  • WATTLED Pigeons: wattled pigeons atau burung yang memiliki pial (daging di hidung) yang tumbuh melebihi batas kewajaran, jenis yang masuk kelas ini misalnya Carrier, Barb, Scandaroon, dsb
  • STRUCTURE Pigeons: merpati hias yang memiliki kekhasan dalam bentuk badan yang tidak lumrah, yang masuk kelas ini diantaranya jacobin, fantails, old dutch capuchine, frillback, dsb.
  • GIANT AND UTILITY Pigeons: umumnya memiliki postur besar dan dulu dikembangkan untuk merpati potong waktu mengkonsumsi merpati masih lumrah khususnya di Eropa dan USA, jenis yang masuk kelas ini misalnya King, The Romagnolles, American Giant Runts, Carneu, Mondain, Modena, dsb.
  • CROPPERS (and POUTERS): memiliki kekhasan yaitu mampu menggelembungkan temboloknya dalam ukuran yang besar, beberapa jenis yang masuk kelas ini Voorburg Shield Croppers, Dutch Croppers, Norwich Croppers, Ghent Croppers, dsb.
  • DWARF Croppers (Pouters): beberapa jenis balon yang masuk klasifikasi dwarf atau mini croppers/pouters misalnya Pyangmy, Brunner, English Pouter, dan Holle Croppers.
  • TUMBLERS and ROLLERS: tumblers dan rollers adalah varietas merpati yang memiliki kemampuan terbang akrobatik, walaupun pada praktiknya kemampuan ini semakin berkurang krn jenis ini lebih banyak dikandangin, misalnya short face budapest tumbler, vienna short face tumblers, dsb.
  • HIGHFLIERS: disebut tipe "tinggian" (highfliers) krn mereka memiliki kemampuan terbang tinggi diatas merpati pada umumnya, yang masuk kelas ini misalnya English Long_Faced Tumbler, Komorner, German Long Face, dsb.
  • OWL Pigeons: jenis merpati yang umumnya memiliki bulu balik di dada, dasi, dsb. (kadang disebut jabot, tie, cravat, frill, dsb) yang masuk kelas ini diantaranya: chinese owl, african owl, oriental frill (satinette/blondinette), italian owl, dsb.
  • TRUMPETERS: disebut trumpeter krn jenis memiliki vokalisasi suara bekur yang sedikit berbeda hal ini misalnya bisa ditemukan di jenis Bokhara Trumpeters, dan German Crested Trumpeter.
  • COLOR Pigeons: memiliki kekhasan karena permainan warna yang sangat atraktif, jenis yang masuk kelas ini diantaranya: Archangel, Moorhead, Ice Pigeon, dan Swallows.
Sekian semoga bermanfaat dan happy breeding.( peternak kediri )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar