Cara Memelihara

Minggu

Penanganan Dan Pencegahan Egg Binding Pada Burung

Tidak ada komentar :
gorontalo - Burung yang memiliki masalah Egg Binding menunjukkan perilaku depresi, sesak napas, tegang, distensi perut, kurangnya kotoran, penampilan fluffed, dan nafsu makan berkurang. Ada bahkan mungkin patah tulang karena kalsium tidak memadai. Penyebabnya karena tekanan dari telur terjebak akan  mengganggu fungsi saraf pada kaki. Burung cenderung duduk di bagian bawah kandang.

Penanganan
Egg binding menyebabkan rasa sakit dan memerlukan perawatan darurat. Egg Binding juga menyebabkan  hipotermia dan memerlukan pemanasan segera. Karena kondisi yg melemah burng juga tidak mampu untuk menghilangkan limbah (hasil metabolisme) dalam tubuh dan mengalami dehidrasi. Jika burung mengalami  shock bisa di berikan cairan melalui kateter dan berikan juga Kalsium  untuk membantu kontraksi otot yg memudahkan pegeluaran telur dg sendirinya.

Jika perlakuan spt di atas  tidak berhasil kita coba untuk membantu mengeluarkan telur dengan memasukkan jarum atau jarum suntik terpasang langsung ke dalam telur melalui kloaka, menusuknya dengan hati-hati untuk  menghindari luka. Hal ini memungkinkan kita untuk mengambil isi telur dan membuat lebih mudah dikeluarkan atau di pecahkan cangkangnya.

Pencegahan
Ada banyak faktor yang penyebab masalah ini yg sebenarnya bisa di hindari yaitu dengan  mengontrol nutrisi yang baik dan seimbang, lingkungan yang bersih dan memberikan cukup Kalsium, fosfor, vitamin dan suplemen mineral yg direkomendasikan.
Memberikan ruang yg cukup untuk bergerak dan terbang agak bebas akan mengurangi resiko ini karena otot yg terlatih dengan baik akan membantu betina untuk dengan mudah mengeluarkan telur-telurnya.(dokter hewan)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar