Cara Memelihara

Rabu

Keunggulan Tyto Alba di Banding Dengan Spesies Lain Sebagai Pengendali Hama Tikus

Tidak ada komentar :


teknik breeding - Burung hantu di beberapa daerah Jogja dan Jawa Tengah para petani memanfaatkan kebeadaannya untuk pengendali populasi hama tikus yang sering menyerang tanaman mereka. Dari berbagai jenis spesies burung hantu, spesies Tyto Alba / Barn Owl terbukti paling efektif untuk mengendalikan hama tikus. Selain itu, burung hantu ini memiliki beberpa kelebihan, antara lain :

  1. Tyto Alba memiliki ukuran tubuhnya yang elatif besar jika dibandingkan dengan spesies yang ada di Indonesia, dengan ukuan tubuh yang besar itulah ia mampu makan tikus 2-3 ekor setiap malam, namun sesungguhnya mampu membunuh tikus lebih dari jumlah yang dikonsusmsi.
  2. Mempunyai kemampuan berburu sangat tinggi, tangkas, cekatan dalam mengejar dan menyambar tikus sampai tanah.
  3. Kemampuannya dalam beradaptasi dengan lingkungan yang baru, membuat burung hantu ini tepat sebagai pilihan untuk ditangkarkan / budidaya sebagai pengendali hama tikus di sawah.
  4. Berkembang biak burung hantu tyto alba juga tergolong cepat dalam beranak pinak.
  5. Memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam pada malam hari, sebab mempunyai sinar inframerah. Mereka mampumendengar cicitan tikus dari jarak 500 meter.
  6. Kejelian mengincar dan ketepatan menyambar mangsa sangat tinggi. Bulu Tyto alba memiliki lapisan lilin, sehingga tidak bersuara ketika terbang.
  7. Tyto alba mempunyai kawasan berburu tetap, daya jelajah mampu mencapai 12 km, dan sangat setia dengan kandangnya selama masih aman. Mereka tidak akan meninggalkan kawasan berburu selama masih tersedia tikus.

- bantul -

Tidak ada komentar :

Posting Komentar