Cara Memelihara

Minggu

Ikan Gabus Sebagai Bahan Olahan Makanan

Tidak ada komentar :

prospek - Ikan gabus atau masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya menyebutnya ikan kutuk ini jika dijadikan bahan olahan makanan dagingnya memiliki yang enak dan khas. Dan sekarang ini telah banyak kita jumpai berbagai macam jenis olahan dengan bahan ikan gabus  yang ditawarkan di rumah makan, warung makan dan pasar sebagai oleh-oleh jajanan.

Di Kota Samarinda selain diolah sebagai ikan asap, disana juga banyak dijumpai abon yang bahannya terbuat dari ikan gabus, dan bisa kita temui ikan asin yang tentunya juga dari ikan gabus, ada pula kerupuk yang dari ikan gabus.

Lain halnya di Kota Palembang, ikan gabus banyak diolah menjadi makanan khas yaitu empek-empek tentu sobat sudah tidak asing lagi dengan nama makanan tersebut. Pada saat hari lebaran permintaan empek-empek sangat  meningkat pesat, karena tingginya permintaan yang tidak diimbangi dengan ketersediaan stok maka menyebabkan harga menjadi naik tinggi antara Rp. 45 ribu per kilo padahal harga pada hari biasa hanya Rp. 15 ribu per kilo.

Sedangkan di Purwakarta Jawa Tengah, ikan gabus diolah menjadi ikan kering. Perlu sobat ketahui bahwa setiap satu kilo-nya ikan gabus yang dikeringkan tersebut dibandrol dengan harga Rp. 20-25 ribu.

Gimana sobat ternak,tertarik untuk membudidayakan ikan gabus? Jika sobat tertarik bisa baca artikel Budidaya Ikan Gabus Sistem Jala Apung.( peluang usaha )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar