Cara Memelihara

Sabtu

Tupai Unik Berekor Bulu

Tidak ada komentar :
aceh besar - Pen tailed tree shrew atau dalam nama ilmiahnya Ptilocercus lowii ini merupakan spesies tupai dari keluarga Ptilocercidae, dan merupakan satu-satunya spesies dalam genus Ptilocercus sedangkan di Indonesia  disebut juga dengan nama tikus kayu dan tupai akar malam. Tupai ini sangat mudah dikenali dilihat dari ekornya yang unik, karena ekornya yang gundul dengan ujung rambut putih, berbentuk seperti sayap ayam/burung.
Selain itu tupai Ekor Bulu memiliki ciri-ciri seperti berikut ini:
  • Tubuh berwarna coklat keabu-abuan di daerah punggungnnya.
  • Panjang badan sampai kepala 10 - 15 cm.
  • Ekor 13 - 21 cm.
  • Bobot 25 - 60 gram.
Tupai Ekor Bulu bekativitas mencari makan pada malam hari, dialam bebas tupai ini seringkali dijumpai hidup berpasangan, walaupun ada yang berkelompok sampai 5 ekor. Seperti halnya dengan jenis tupai yang lainnya, dalam perburuannya tupai jenis ini sangat menyukai serangga, seperti: kumbang semut , lipas, dan rayap.

Dalam persebarannya tupai ini dapat dijumpai dari selatan Thailand, Semenanjung Malaya, Kalimantan dan beberapa pulau di Indonesia yang hidup diatas pohon yang tinggi di hutan, perkebunan karet atau di sekitar perhunian manusia, pada ketinggian 0 - 1.000 meter di atas permukaan laut.( penjual )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar