Cara Memelihara

Rabu

Menjaga Isian Master Burung Kacer

Tidak ada komentar :
papua - Burung Kacer ( magpie robin ) merupakan salah satu burung kicauan yang banyak dipelihara oleh para kicaumania karena burung tersebut memiliki suara yang keras dan aktraktif disaat berkicau. Selain itu Kacer juga  sangat mudah menirukan suara dari jenis burung lain sehingga banyak dari diantara para pecinta burung memasterkan burung ini dengan isian suara burung lain.

Namun banyak diantara para kicaumania setelah berhasil memasterkan kacer miliknya tak memahami cara merawat agar isian yang telah berhasil tetap terjaga. Nah, oleh karena itu burung kacer yang telah berhasil di master harus dijaga agar suara isiannya tidak hilang. Hal ini bisa diilakukan dengan cara burung-burung master yang suaranya sudah bisa ditiru oleh kacer yang kita pelihara, harus tetap dipelihara dan selalu berada dekat dengan kacer kepunyaan kita. Suara dari burung master harus selalu terdengar meski hanya terdengar sedikit. Bisa juga dengan cara meletakan burung master agak jauh, cara itu juga dilakukan untuk menanggualangi ketika burung mengalami stress atau dalam masa mabung sehingga perlu ada pengisian suara master ulang.

Burung yang telah berhasil dimaster jangan didekatkan dengan burung yang mempunyai nada dasar suara yang hampir sama atau dengan burung kacer lainnya. Hal tersebut untuk mencegah supaya kacer tidak akan mengeluarkan suaranya dan terkadang menirukan suara kacer yang lainnya, yang kwalitas lagu isiannya belum tentu bagus. Juga untuk menghindari jika burung yang mempunyai suara dasar sama apalagi jenisnya sama-sama kacer lebih gacor dan dipaksakan didengarkan itu bisa membuat burung yang kita master akan turun mentalnya dan tidak mau bunyi. Oleh karena itu sebaiknya teknik pemasteran dilakukan dengan cara menggunakan satu burung calon juara dengan didampingi banyak burung master, kalaupun ingin memaster dua atau lebih burung kacer calon juara  harus ditempatkan berjauhan sampai suara dari calon juara satu dan calon juara lainnya tidak saling mendengar.( indonesia birds )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar