Cara Memelihara

Jumat

Memisahkan Cacing Dari Lumpur Dengan Daun Keladi

Tidak ada komentar :
mudah dan praktis  - Banyak diantara para pecinta ikan dan burung mengeluhkan kesulitan untuk memisahkan cacing dari lumpur. Sebenarnya hal itu mudah saja kita lakukan jika kita telah tahu caranya, dengan memanfaatkan daun keladi atau talas kita pekerjaan memisahkan cacing dari lumpur akan lebih mudah. Kenapa menggunakan daun keladi? Karena daun Keladi/talas mengandung kelenjar yang tidak mudah di serap air dan jika terkena sinar matahari mudah melakukan pemanasan. maka dari itu jika cacing yang berlumpur di letakan pada daun keladi, saat di jemur itu akan melakukan pemanasan. cacing akan mengumpal dan berusaha menjahui lumpur.

Adapun cara mudah dan praktis memisahkan cacing dari lumpur lakukan seperti langkah-langkap dibawah ini:
Yang perlu Sobat persiapkan:
  • 1 lembar daun Keladi  ( jenis umbi - umbian )
  • Cacing yang mau di pisahkan...
  • Wadah yang sudah berisih air bersih .. 
Cara Memisahkan
Letakan cacing yang masih berlumpur ( yang baru kita dapat dari selokan / kali )  diatas daun keladi, Kemudian kita jemur di terik matahari (suhu jangan terlalu panas ) kurang lebih 5 - 6 menit saja. Setelah itu lihat hasilnya, cacing akan mengumpal ke atas permukaan, kemudian ambil perlahan cacing yang mengumpal diatas permukaan, masukan ke dalam wadah yang telah di isi air bersih, jika masih bnyak cacing yang masih bertahan di permukaan lumpur tinggal kita jemur lagi.

Sekian semoga cara mudah dan praktis memisahkan cacing dari lumpur dengan daun keladi/talas diatas bermanfaat bagi Sobat semua, salam sukses.( peternak jember )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar