Cara Memelihara

Rabu

Mempercepat Bertelur dan Mengatasi Telur Tidak Menetas

Tidak ada komentar :
kiat usaha - Jantan dan betina yang sudah jodoh kadang lama sekali kita tunggu tidak nelor. Hal ini yang mengakibatkan peternak pemula bosan dan jenuh berikut ada tip mempercepat bety nelor. Kadang sudah nelor beberapa kali tapi kosong atau telur tidak dibuahi. Telur yang tidak netas akibat dari birahi yang tidak bareng antara jantan dan betina.

Pemberiyan pakan
- pagi iam 6.00 jangkrik 20 ekor, ulat hongkong 1 sendok makan,
- jam 12 siang kroto 1 sendok makan ditetesi metabolic 7 tetes (metabolik berfungsi untuk mempercepat mematangkan sel telur pada betyna dan membuat jantan birahi dan memperbaiki kwalitas seperma pemberiyan metabolik selama 5 hari berturut)
- jam 3 sore bisa dikasih ulat jerman 10 biji, cacing 5 ekor dipotong dan dicuci bersih, bisa ikan cetol 10 ekor.
- Bisa ditambahkan klabang bila ada seminggu 2 x sebanyak 3 ekor dipotong jadi 2.

Pemberiyan minum
- air minum ditambah vitalur 5 tetes sore diganti dengan air biasa karna vitalor bau menyengat bila lebih dari 12 jam. (fungsi vitalur untuk membuat teluir menjadi banyak 3 sd 4 butir).
- Tiyap hari pemberiyan vitalur digonta ganti dengan teluro. Pemberiyan teluro 10 tetes dlm air minum. (fungsi teluro untuk meningkatkan pertumbuhan embrio dalam telur. Meningkatkan stamina embriyo agar kuat dalam memecah cangkang pada waktu netas)
- Pemberiyan teluro dan vitalur sampai 2 minggu.
- Selama pemberiyan vitamin dalam air minum air dalam bak mandi harus dikeringkan biyarkan kalau air minum yg ada vitamin untuk mandi. Sebaiknya mandi semprot saja.

Setelah burung bertelur vitamin tersebut diatas disetop ganti dengan
- vitamin B komplek caranya 1 tablet dihaluskan dicampur dengan air minum pemberiyan seminggu 2 kali (berfungsi untuk menambah nafsu makan burung dan menjaga stamina).
Sekian semoga bermanfaat, salam sukses.( peternak pati )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar