Cara Memelihara

Rabu

Pedigree - Sebuah Design Rancang Bangun Breeding

Tidak ada komentar :
Pedigree - Sebuah Design Rancang Bangun Breeding
cek harga - Banyaknya perdebatan seru tentang Pedigree dikalangan peternak maupun penghobi di Indonesia, ini disebabkan karena tidak sampai 5 kandang pemain lama (senior) yang mau membuka/ share pedigree merpati pos juaranya atau pedigree isi kandangnya, bahkan banyak pemain yang membeli merpati pos berpedigree sangat kecewa karena tidak sesuai harapan, bahkan curiga bahwa susunan pedigree-nya palsu alias dibuat-buat, sehingga piyikan yang dihasilkan tidak sesuai/jauh dari prestasi saudara-saudaranya di kandang asal dengan indukan yang sama, akhirnya banyak yang kapok membeli merpati pos berpedigree (trah juara) dan hanya mau membeli merpati pos yang juara langsung, sudah pasti juara, sebodo teing sama pedigree, sehingga keluar istilah PEDIGREE TIDAK BISA TERBANG.

Kita ambil sisi positif dari pedigree, dengan anggapan bahwa semua pedigree yang dikeluarkan bersama piyikan adalah sebenar-benarnya tanpa penipuan, anak A dan Si B ditulis anak si A dan Si B, bukan anak si P ditulis anak Si A. Diluar negeri, eropa dan amerika, khususnya tahun 1980-an sampai dengan saat ini, selalu menjual merpati pos berkelas dari kandangnya dengan pedigree yang benar, sehingga anak cucunya kelak akan berprestasi sama/ mendekati seperti kakek neneknya. dari ratusan pedigree juara di luar negeri, hampir 80% selalu memiliki ciri cross half brother half sister (Line Breed) dan hasil dari indukan inbreed yang dicross dengan merpati pos jawara dari kandang lain.

ya, pedigree yang konsisten ditulis dengan jujur merupakan sebuah Design Rancang Bangun Breeding bagi para Breeder atau bagi para fancier. Anakan atau cucu cicit ingin di bangun dengan Base darah dari suatu trah jawara yang diperbaiki dengan darah jawara lain atau merpati pos terbaik di kandang kita ingin disuntik dengan darah jawara yang baru.
sebagai contoh:

  • Si A adalah jantan jawara Kandang Nusantara, hanya diketahui sebagai cucu juara tanpa pedigree sama sekali, karena yang punya asalnya tidak mau memberi tahu pedigreenya, tapi jantan A juara dengan rata-rata kecepatan 1200m/menit.
  • Si B dan Si C adalah indukan betina terbaik di kandang kita yang anak-anaknya konsisten pulang dengan kecepatan 900m/menit. Dengan modal ini, maka kita membuat rancang bangun dengan base darah jantan A, dengan tujuan agar anak cucunya kelak bisa berprestasi seperti jantan A. dan salah satu cara terbaik dan tertulis di ratusan pedigree jawara adalah dengan membuat rumus breeding, salah satu contohnya seperti berikut:

A. Mencoba Melombakan Anakan Langsung (Cross F1)
JANTAN K = JANTAN A X BETINA B
BETINA L = JANTAN A X BETINA B
JANTAN M = JANTAN A X BETINA C
BETINA N = JANTAN A X BETINA C
KLMN bisa langsung dilombakan, jika hasilnya langsung Tokcer, silahkan dilanjutkan memperbanyak trah ini, kalau masih belum memuaskan, bisa ganti dengan pasangan lain atau kalau masih mau sabar, bisa melanjutkan kearah cucu:

B. Mencoba Melombakan Cucu Line Breed (F1 X F1)
JANTAN/ BETINA P = JANTAN K X BETINA N --> LineBreed
JANTAN/ BETINA Q = JANTAN M X BETINA L --> LineBreed
walau tidak 100% benar, tapi secara hitungan kasar si P & Si Q sudah memiliki 50% Murni darah si JAWARA A (atau malah lebih) dan secara teori maka anak-anaknya akan berkemampuan mendekati ayahnya, tidak ada yang tahu kepastiannya, tapi hasilnya lebih terlihat kalau dilombakan.

C. Mencoba Melakukan Langkah Inbreed (A X F1)
Jika terbukti anakan langsung si JANTAN A (KLMN) punya kemampuan lebih baik daripada Betina B & C, maka layak dilanjutkan tahap inbreed untk JANTAN A dengan Skema berikut:
JANTAN/ BETINA R = JANTAN A X BETINA N --> Inbreed Bapak X Anak
JANTAN/ BETINA S = JANTAN A X BETINA L --> Inbreed Bapak X Anak
JANTAN/ BETINA T = JANTAN K X BETINA L --> Inbreed Kakak X Adik kandung
JANTAN/ BETINA U = JANTAN M X BETINA N --> Inbreed Kakak X Adik kandung
langkah inbreed ini untuk mengentalkan darah JANTAN A... jarang RSTU yang mampu sebagai racer baik, tapi banyak yang sukses sebagai breeder baik.
masih banyak langkah/ cara lainnya untuk mendapatkan piyikan dengan karakter dan kemampuan JANTAN A, tapi rumus diatas sudah cukup untuk memperbaiki kualitas merpati pos ditempat kita secara sistematis, hasil hanya akan diketahui dari mengikutkan lomba One Loft Race, lomba yang benar-benar melombakan kemampuan merpati pos secara massal, benar-benar adu merpati pos bukan adu rawatan, merpati pos yang juara adalah merpati pos terbaik di Kandang Nusantara.( tanggerang )
oleh : Kunto Wibisono

Tidak ada komentar :

Posting Komentar