Cara Memelihara

Senin

5 Poin Yang Perlu Diketahui Sebelum Memelihara Burung

Tidak ada komentar :
pasar hewan - Memelihara Burung Hias maupun kicauan mempunyai tingkat kesulitan sendiri dibanding dengan hewan peliharaan jenis yang lain, karena banyak penghobi burung yang memelihara di kandang tertutup/soliter dimana semestinya burung di umbar bebas.

Karena kondisi seperti ini kita yang ciptakan, maka ada beberapa kriteria yang juga musti kita kondisikan untuk menghindari/mengurangi wabah penyakit pada burung kita. Beberapa hal yang harus kita perhatikan diantaranya seperti berikut ini:
  1. Pakan
    Pakan salah satu hal yang sangat perlu dipahami oleh para pemula yang hendak memelihara burung, jangan sampai hanya karena tertarik karena kelucuan dan keindahan burung memeliharanya. Pastikan mengetahui jenis pakan burung tesebut sebelum membeli. 
  2. Kesehatan kandang
    Kesehatan kandang sangat mutlak musti kita lakukan, karena jika kandang sehat, maka isinya pun akan ikut sehat, kandang sehat tidak berati sama dengan kandang yang bersih. Kandang sehat adalah kandang yang cukup mendapatkan asupan matahari, sirkulasi yang baik serta tidak terkena air (tampias air hujan)
  3. Suplemen dan vitamin
    Burung yang di umbar biasanya akan “ngasin”, ngasin bagi mereka adalah 'wajib hukumnya' karena ada beberapa mineral yang mereka butuhkan tapi tidak terdapat pada pakannya, jadi pemberian GRIT di kandang sebisa mungkin selalu tersedia, dan seminggu sekali bisa kita kasih vitamin dan minyak ikan
  4. Mandi
    Burung sangat membutuhkan air untuk mandi, disamping untuk menghilangkan kotoran mandi bagi mereka juga untuk menetralkan suhu tubuh. Coba perhatikan burung yang suka mandi pasti burung yang sehat, ada beberapa pecinta burung yang suka menambahkan garam ke dalam air mandinya, tujuannya untuk mematikan kutu dan parasit yang ada.
  5. Penyakit pada Burung
    Setiap penghobi burung pastinya mengingginkan burung yang dipeliharanya senantiasa sehat, karena dengan begitu maka burung akan senantiasa lebih sering beraktifitas dan berkicau. Namun jika burung kesayangan terserang penyakit kita mesti tahu tindakan apa guna memgobati burung yang kita pelihara. Oleh karena itu mengetahui gejala suatu penyakit dan cara pengobatannya wajib bagi seorang pecinta hewan sejati. 
Sekian 5 hal yang perlu diketahui bagi pemulai yang hendak mengadopsi burung sebagai hewan peliharaan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia hobi memelihara burung hias maupun burung kicau.( peternak situbondo )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar