Cara Memelihara

Selasa

Eyes Sign Pada Merpati Pos

Tidak ada komentar :
Eyes Sign Pada Merpati Pos
kandang nasional - Kata orang, mata menyimpan sejuta makna. Hal ini banyak diyakini juga oleh penghobi merpati pos. Banyak orang menampilkan foto burung kesayangannya dengan disertai foto matanya. Walau kebanyakan tidak mengerti kenapa musti disertakan foto mata si burung. Secara latah mungkin akan dijawab untuk membaca eyes sign. Tapi bagaimana mungkin bisa membaca eyes sign bila sudut pencahayaannya saja salah. Data yang terbaca mestinya juga akan salah. Tergelitik akan hal ini, saya coba buatkan tulisan singkat. Supaya kita bisa sama-sama memperbaikinya. Agar foto-foto yang kita tampilkan memang menyodorkan sebuah data yang lebih akurat.

Berbicara tentang katuragan pada Merpati Pos Racing akan timbul pertanyaan apa yang pertama dilihat dari sebuah mata merpati pos racing? Pupil, jawabnya. Pupil adalah lingkaran kecil hitam yang ada tepat ditengah mata. Apa yang dicari dari sebuah pupil pada burung Merpati Pos? Kemampuan kontraksinya. Pada saat cahaya kuat pupil harus berkontraksi sekecil mungkin. Pada saat cahaya lemah pupil harus berkontraksi sebesar mungkin. Bagaimana bisa mendapatkan data kontraksi yang benar ? Dengan sudut dan pencahayaan yang benar tentunya.

Pupil akan berkontraksi secara maksimum bila banyangan (cahaya) matahari jatuh pada lingkaran adaptasi (Bishop) dengan rentang sudut antar jam 9 dan 10. Pada gambar yang digunakan dalam ilustrasi adalah gambar mata yang sama dengan pencahayaan yang berbeda. Kata kuncinya, pupil yang besar dapat memenangkan lomba pada jarak dekat. Sementara pupil yang kecil dapat memenangkan lomba pada semua jarak. Kita baru fokus pada bagian pupil saja, belum sampai membaca bagian-bagian lain. Rasanya kata orang memang benar bahwa mata menyimpan sejuta makna.

Sekian semoga bermanfaat dan salam bekur mania.( peternak pekalongan )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar