Cara Memelihara

Minggu

Legenda Merpati Pos Yang "Awalnya" Diremehkan

Tidak ada komentar :
Legenda Merpati Pos Yang "Awalnya" Diremehkan
kendari - Untuk rekan-rekan yang memiliki merpati pos tapi masih ragu kualitasnya, janganlah patah arang, selama kita yakin itu adalah jenis merpati pos, apalagi kita dapat dipasar dengan ring lomba, maka peluang juara tetap ada.Kirim anakan dari merpati pos kita ke Kandang Nusantara Cogreg 2014 adalah salah satu cara terbaik untuk mengetahui kualitasnya. Saya akan membahas beberapa kisah sukses legendaris dunia merpati pos yang diawali dengan keraguan dan meremehkan.

SURE BET (ring GFL02-662) adalah salah satu merpati pos peserta One Loft Race di Vegas Classic Amerika, ditetaskan dikandang GFL milik Mike Ganus sebelum di kirim ke Vegas Classic.Suatu ketika Manajer OLR Vegas Classic, Rick Phelan.. mengajak sahabat baru-nya Victor Valenzuela (VV) yang juga salah satu peserta OLR Vegas Classic, untuk melihat-lihat kondisi kandang dan merpati pos OLR Vegas dan Rick menunjuk salah satu merpati pos berwarna Megan bercak-bercak putih dengan sayap yang ngempleh disudut tenggeran. Rick berkata pada VV bahwa itu merpati pos pulang telat selama 2 minggu dengan luka-luka (mungkin terserang predator alap-alap/ sejenisnya), dan mengatakan bahwa merpati pos itu spiritnya untuk pulang kandang sangat besar, Berusaha pulang dengan kondisi terluka.. bahkan baru 2 minggu kemudian pulang.

VV kemudian tertarik terhadap merpati pos kurus dan sudah tidak diterbangkan itu, Rick bilang merpati pos tersebut mungkin dijual. VV kemudian menemui Ed Sittner, ketua penyelenggara OLR Las Vegas Classic, untuk menanyakan pada Mike Ganus jika mau menjual merpati pos itu, dan tidak berapa lama kemudian, Ganus menelpon VV untuk mengkonfirmasi jikalau VV mau, Ganus menjual Si merpati pos gagal dengan $500 dengan kata-kata Ganus: Tidak biasanya saya menjual merpati pos saat lomba berlangsung, dan merpati pos saya dalam kondisi tidak layak terbang (alias gagal meneruskan lomba) tapi karena Ed bilang Anda mau membelinya, baiklah saya lepas dengan $500 Victor Valenzuela (VV) sangat senang akhirnya bisa memiliki Jantan Megan Splash, (yang kelak diberi nama SURE BET) dari Ganus. Bahkan VV berjingkrak-jingkrak seperti anak kecil yang mendapat permen Lolypop, saat mengetahui bahwa SURE BET adalah cucu langsung dari Super Crack Olympiade 699, jawara terkenal dari Eropa.

Walau bukan orang yang baru bermain merpati pos, tapi sudah lama pensiun main merpati pos (saat kecil di Kuba), VV baru mulai memelihara merpati pos setahun sebelumnya dengan membeli 6 ekor dari Greg McKnight, sehingga VV masih dikategorikan Pemula saat membeli SURE BET di tahun 2002. Setahun kemudian, anak si Megan Splash ini Jedds 079 menang dengan selisih 8 menit saat lepasan pertama di vegasrace.com event dari 1600ekor merpati pos dan sampai akhirnya si Jedds 079 memenangkan event tersebut dan sejak saat itulah nama SURE BET disematkan pada si BBSplash (megan bercak putih) si merpati pos Gagal ikut lomba karena cidera.

Satu lagi pembelajaran dari kisah SURE BET GFL02-662 adalah merpati pos gagal lomba dari darah trah juara masih bisa menghasilkan turunan jawara, bahkan melebihi kemampuan breeder sang juara (Bapaknya) sendiri. dan jika kita pergi ke kandang-kandang para senior jangan malu bertanya tentang merpati pos yang dikandangkan terpisah dan diberi embel-embel itu merpati pos sisa terbangan, pulang telat, jadi tidak layak dijual. Merpati pos tersebut tidak diberi kesempatan yang sama untuk melahirkan piyikan, karena sang empunya pasti lebih memilih untuk membreeder Champion X Champion dan menyingkirkan merpati pos pulang telat kepojokan.. biasanya hal ini dilakukan karena sang senior enggan memotong karena tidak tega, melepas ke pasar dengan harga murah juga sayang. Dan biasanya disediakan untuk para pemula yang datang dan berniat memiliki merpati pos dari kandangnya. tapi yang pasti buat kita itu merpati pos darahnya adalah darah juara yang tidak berkesempatan mempunyai anak.

Hal lain, jika menemukan merpati pos di pasar saat musim lomba, sebaiknya diberitahukan pada pemiliknya rata-rata senior pasti akan mempersilahkan merpati posnya untuk dipelihara, karena sebagian akan menganggap merpati pos gagal pulang/ kebandang adalah merpati pos yang tidak layak menghuni kandangnya yang full jawara dan perlu diketahui, ini juga bukan sebuah kesombongan, tapi sebuah proses seleksi di kandang senior setiap tahun mampu produksi 100-200 ekor untuk lomba, masih banyak indukan, buat apa menyimpan merpati pos yang gagal pulang. tapi buat kita-kita, kesempatan mendapatkan merpati pos berdarah juara adalah dengan cara ini, mendapatkan merpati pos dipasar dan harus dengan kejujuran dengan memberitahukan ke pemiliknya lewat RaPI atau telepon atau cara lainnya. jika diminta kembali artinya belum jodoh, kalau direlakan bagaikan hadiah berharga.

Jadi, jika suatu saat berkunjung ke kandang para senior jawara, lihatlah merpati pos sisa dipojokan kandang dan jika berada dipasar burung lihatlah merpati pos bercincin resmi selalu ingat kisah sukses SURE BET... Victor Valenzuela seorang pemula yang sangat sukses, bahkan legendaris sampai detik ini dengan merpati pos gagal lomba, yang pastinya akan menghuni kandang pojokan tak terlihat Mike Ganus Loft, jika pulang ke Ganus Loft (kalau tidak dijadikan lauk goreng). Nah Jika kita sudah memiliki merpati pos bercincin resmi, sisa dari senior atau dari pasar dengan cara jujur.. jangan ragu-ragu untuk membreeding dan mengirimkan anak-anaknya sebagai Kadet.(Kunto Wibisono)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar