Cara Memelihara

Minggu

Abu Gosok dan Gamping Solusi Kelembaban Kandang

Tidak ada komentar :
palu - Cuaca mulai hujan, irama kesibukan sedikit banyak akan terganggu. Apalagi kalo kandang bocor, kekuatiran akan bertambah. Karena kita sama-sama tahu kandang lembab akan berpotensi menimbulkan penyakit. Tapi gimana caranya kalo ga sempat segera menghilangkan kelembaban di kandang ? Soal menambal yang bocor oke lah…itu akan kita lakukan kalo hari Minggu tiba atau waktu senggang lainya.

Prinsip utamanya adalah mencegah kelembaban pada kandang. Tahap darurat yang bisa kita pakai adalah menggunakan abu gosok. Setelah hujan reda dan ada bagian-bagian yang terasa basah atau becek bisa kita taburkan abu gosok. Dengan cara ini kelembaban dapat segera terserap oleh abu gosok. Paling tidak kita mendapat waktu sejenak sebagai masa tenggang sampai kita bisa memperbaiki bagian kandang yang bocor. Ini memang bukan solusi jangka panjang, tapi cukup untuk mengatasi persoalan jangka pendek.

Akan menjadi lebih baik bila abu gosok tadi bisa dicampur dengan kapur (gamping). Fungsi kapur adalah sebagai anti septik alamiah yang akan menghambat pertumbuhan jasad renik di kandang, termasuk bakteri. Dan kapur pun segabagi mineral masih aman bila termakan oleh burung kesayangan kita.(usaha sukses)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar