Cara Memelihara

Minggu

Acuan Standar Minimal dalam Memilih Merpati Tinggi Kolong

Tidak ada komentar :
termahal - Tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas / materi burung Merpati Tinggi Kolong menjadi faktor utama dalam mencetak Merpati Kolong juara. Sangat kecil kemungkinannya Merpati yang Kita miliki menjadi pemenang dalam sebuah lomba meskipun Kita telah melatihnya secara maksimal jika kualitas Merpati yang kita tandingkan tidak memiliki keunggulan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan Merpati lawan Kita. Untuk menjadikan Merpati juara, Kita tidaklah harus sepenuhnya unggul segalanya dibandingkan dengan Merpati peserta lain namun setidaknya Merpati andalan Kita setidaknya memiliki 1 keunggulan.

Sebagai gambaran, Merpati Kolongan akan menjadi juara jika mempunyai kemampuan membawa terbang tinggi (diatas rata-rata merpati kolong yang terbang tinggi saat ini) lawan tandingnya serta burung tersebut mau turun jam 12 meskipun tidak kencang. Namun sebaliknya, Merpati bisa menjadi juara meskipun turunnya seperti kapas, Merpati jablay bisa memukul lawannya untuk terbang dibawah kolongan.

Untuk bisa melihat bakat / prespek merpati kolongan di perlukan kejelian dari si penghobi. Dalam memilih merpati tinggi kolongan, ada beberapa standar minimal yang bisa kita gunakan sebagai acuan, diantaranya:
  • Ketika terbang solo stabil masuk kolong, sudah menjadi suatu keharusan karena memang aturan main utamanya adalah kolongan.
  • Memiliki karakter memimpin (leader) bukan mengekor/pengikut (follower) yaitu ketika merpati ditandingkan (dterbangkan gandeng) merpati lebih cenderung membawa lawannya untuk terbang dijalur dan ketinggiannya. Meskipun mustahil 100% merpati memiliki karakter tersebut namun setidaknya 50%.
  • Bermental petarung, merpati kolong yang memiliki mental bertarung bagus biasanya ketika terbang turun didahului oleh lawannya dengan kecepatan turun lebih pelan maka merpati petarung akan menyusulnya. Namun sebaliknya, merpati kolong yang bermental jelek meskipun sebenarnya memiliki kecepatan turun yang kencang merpati tersebut hanya akan terbang turun mengekor saja.
  • Melihat prospek piyik merpati kolongan tentulah belum bisa kita amati dari kinerjanya dilapangan. Namun kita bisa menelusuri kinerja indukannya / leluhurnya dengan pedigree (silsilah), dari garis silsilah tersebut kita bisa menggali informasi sebanyak mungkin bagaimana kinerja indukan / leluhur –nya.
  • Kontrol landing bagus. Pada permainan merpati kolong meja, karena merpati yang memiliki kontrol landing yang baik cenderung menjadi pemenang, lebih baik memilih merpati dengan stut kebetina standar tapi tidak pernah meleset dibandingkan dengan yang stutnya keras tapi kontrol kebetinanya kurang baik. Merpati dengan stut keras tapi kurang kontrol biasanya akan lebih agresif apabila terjadi duel turun dan hasilnya sebagian besar merpati dengan stut keras tidak bisa landing sempurna sehingga di diskualifikasi. Tentunya yang paling ideal adalah mendapatkan merpati dengan stut keras dengan kontrol landing yang baik, merpati seperti itu adalah dambaan setiap pemain.
  • Minimal memiliki satu senjata (kelebihan ), akan lebih bagus lagi merpati kolongan memiliki lebih dari satu keunggulan, yang diantaranya: Tembak kebetina keras, Shut ditengah panjang
  • Inisiatif turun/metil/motes sangat baik, Langsung terbang lurus begitu diterbangkan, tidak muter-muter, Terbang agresif/goyang untuk burung jablay, Nutup jalur turun lawan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar