Cara Memelihara

Senin

Memulai Membangun Koloni Merpati Pos Juara

Tidak ada komentar :
Memulai Membangun Koloni Merpati Pos Juara
cara tepat - Satu pelajaran penting dari kesuksesan para pemain Merpati Pos kelas dunia selama bertahun-tahun, yang bukan hanya sementara saja karena Mereka membangun koloni Merpati pos sendiri.
Tidak diragukan lagi, semua Pemain Top Dunia yang ada saat ini memulai dari membeli atau mendapatkan warisan dari keluarga besarnya. Tapi kesuksesan bukan ditentukan dari pembelian/warisan awal, tapi dari kemampuan mengolah untuk menghasilkan Merpati juara.

Josthone mendapat warisan dari Mertuanya, Ludo juga mendapat dari keluarganya dsb, tapi yang membuat mereka hebat adalah akuisisi Merpati Pos dari pemain lain dan membentuk koloni Josthone dan koloni Ludo dari kombinasi beberapa Merpati Pos tersebut. Kalau di Indonesia adalah Pak Indra Lukita yang berhasil membuat koloni 0860 yang masih sangat disegani hingga saat ini dan jangan pernah lupa kalau Pak Indra juga mengakuisisi Merpati Pos Juara pemain lain untuk di Blended kedalam Koloni 0860 -nya. Jadi kesuksesan para pemain ini karena kehebatan mereka dalam membangun Koloni Juara.

Memulai Membangun Koloni

Jika kita sudah memiliki beberapa Merpati Pos berdarah Juara, apalagi Sang Juara itu sendiri di kandang kita, jangan ragu-ragu untuk membangun koloni darah juara tersebut. Ad Schaerlaeckens sudah memberikan clue agar kita sebisa mungkin membeli Merpati Pos Juara atau Anak dari Merpati Pos Juara langsung. Kemudian kita bangun koloni disekeliling darah tersebut.

Lombakan anak/cucu dari Merpati Pos Pembelian awal kita, ambil yang terbaik dari kadet-kadet tersebut, misal Merpati Pos yang pulang Bali, untuk dijadikan Indukan. Lakukan terus sampai mendapatkan Merpati Pos Juara dan jadikan Indukan lagi dst.

Dari Pengalaman Lomba BIMA Loft, menunjukkan bahwa anakan-anakan Merpati Pos hasil lomba sendiri lebih berhasil dibanding hasil crossing yang beli langsung. Arthur 775 adalah Merpati Pos termuda yang mampu menaklukkan Sumbawa dan mendapat Juara 3 TSH Cup 2015 (Arthur ID15-39775 BB Cock. Merpati Pos ring 2015 Lomba 2015) Arthur 775 = Acer X Sri Manjur 115, dimana Acer adalah Merpati Pos Juara 7 Ace KaNu I dan Sri Manjur 115 adalah Juara Lubuk Linggau, Juara Ace Middle Long Distance. Duo Macan Penakluk Pekanbaru adalah anak Sri Manjur 115 juga.

So untuk rekan-rekan pemula, sebaiknya langsung membuat koloni dari Merpati Pos pondasi utama kita sejak dari awal syaratnya hanya Merpati Pos darah juara dan Juara itu sendiri, Diluar itu tidak ada yang merekomendasikan. Kombinasi Merpati Pos darah juara ini akan memberikan koloni kita keunikan tersendiri yang berbeda dari Strain awal yang kita beli. Jika kelak kita bisa Eksis dipapan atas dan sering menang, maka koloni kita tidak ada yang menyamai, karena hasil kombinasi berbagai darah juara, bukan hanya dari satu kandang saja.

Koloni Baru Adalah Masa Depan Impian Kita

Membangun koloni Juara tidak semudah membalik telapak tangan, banyak dari Koloni kita adalah “sampah racer”, tapi didalam setiap Merpati Pos kita ada beberapa genetik juara yang tersimpan jika dikawinkan dengan genetika yang sama, peluang keluar yang baik cukup besar, 20% nya dan siap dikawinkan dengan kadet-kadet dari koloni kita yang terbaik (sisa lomba) rata-rata anakannya akan semakin membaik.

Koloni baru ini adalah impian kesuksesan kita masa depan di dunia Hobby Merpati Pos. Hampir semua nama besar di Merpati Pos, khususnya di Indonesia semuanya punya koloni. Mereka semua membangun Koloni selama bertahun-tahun. Jadi sekali lagi,
JANGAN TAKUT UNTUK MEMULAI MEMBANGUN KOLONI KITA SENDIRI.
Jangan terlalu mengandalkan beli dan beli dan beli terus, tapi mulailah membangun koloni kita sendiri. Merpati Pos yang akan kita beli selanjutnya harus benar-benar kita pikirkan, apakah bisa meningkatkan kualitas koloni kita atau hanya malah merusak saja?

by : Kunto Wibisono

Tidak ada komentar :

Posting Komentar