Cara Memelihara

Kamis

Jenis Pakan Untuk Biawak Peliharaan

Tidak ada komentar :
maluku - Biawak merupakan hewan retil dari golongan kadal besar yang dalam bahasa lokal disebut dengan sebagai Menyawak atau Nyambik (Jawa), Bayawak (Sunda), Berekai (Madura). Meskipun Biawak tidak lazim dijadikan sebagai hewan peliharaan namun bagi sebagian hobies/pecinta reptil binatang yang dalam bahas inggris bernama monitor lizard atau goanna tak bedanya dengan binatang kesayangan pada umumnya.

Dalam kehidupannya dialam liar, Biawak memangsa aneka serangga, ketam atau yuyu, berbagai jenis diantaranya ikan, kadal, kodok, burung, serta mamalia kecil seperti tikus dan cerurut. Sedangkan dalam pemberian pakan untuk Biawak sebagai hewan peliharaan, Biawak lovers sangat merekomendasikan dalam pemberian jenis pakan untuk disesuaikan dengan usia Biawak tersebut. Untuk biawak yang belum mencapai tahun pertama, mereka lebih di sarankan di berikan pakan berbasis serangga. Biawak bayi adalah kadal kecil dengan sistem pencernaan yang kecil dan membutuhkan serat pangan dalam jumlah banyak untuk menjaga pencernaanya, biawakukuran bayi di desain untuk makan serangga dan serangga. Pemberian daging atau rodentmasih boleh dengan ukuran tertentu, idealnya pemberian bayi biawak 4 kali seminggu dengan serangga dan 1 kali seminggu dengan daging dan rodent.

Harus diperhatikan suhu kandang tetap hangat bila bayi biawak diberikan makan daging dan rodent agar mereka bisa mencerna daging tersebut dengan baik karena pencernaan yang mereka miliki masih kecil, berikan rodent yang sudah tumbuh bulu atau "jumper" jangan pinkis yang masih merah karena banyak mengandung lemak, sedikit nutrisi dan sedikit atau bahkan tanpa kalsium. Biawak setelah tahun pertama baru boleh di alihkan berdasarkan makanan berbasis daging, namun sekali lagi hindari pinkis dan berikan yang sudah memilimi bulu karena sudah mengandung banyak kalsium.( papua penangkar )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar