Cara Memelihara

Rabu

Bajing Tiga Warna, Peliharaan yang Lucu

Tidak ada komentar :
johor - Dari sekian banyak jenis Bajing yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Bajing tiga warna (Callosciurus prevostii) merupakan jenis mamalia pengerat yang termasuk famili Sciuridae Bajing ini tersebar luas di bagian selatan Thailand, di beberapa bagian kepulauan Indonesia, terutama Sumatera dan Kalimantan, dan banyak pulau kecil di Asia Tenggara serta Semenanjung Malaysia. Jenis Bajing ini juga ditemukan di utara Sulawesi.

Bajing yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Prevost’s squirrel atau Asian tri-colored ini merupakan hewan diurnal, yaitu hewan yang beraktifitas sepanjang pagi hingga siang hari. Selain itu, bajing juga merupakan jenis hewan arboreal karena hampir sepanjang hidupnya dihabiskan di atas pohon. Bajing hanya akan turun ke bawah pada saat mencari makanan. Bajing membuat sarang di atas pohon dengan menggunakan ranting atau dedaunan.

Bajing jenis ini memiliki ciri yang berbeda dengan ciri yang dimiliki oleh jenis Bajing lainnya, kita dengan mudah mengenalinya dengan melihat warna bulu yang dimilikinya yang terdiri dari tiga macam warna rambut yang berbeda. Punggung berwarna hitam, dengan sisi berwarna putih, dan sisi bawah berwarna merah-coklat. Jenis Bajing ini pada usia dewasa memiliki ukuran panjang tubuh antara 15 sampai 25 cm. Sama seperti jenis Bajing lainnya, Bajing Tiga Warna suka memakan makanan kacangan-kacangan, buah-buahan dan biji-bijian dan juga serangga beserta telurnya. Musim perkawinan bajing tiga warna adalah sepanjang tahun, namun demikian puncaknya adalah antara bulan Juni dan Agustus. Lama kehamilannya adalah 40 hari dan tiap kali beranak menghasilkan 3-4 ekor anak.( cek harga )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar