Cara Memelihara

Jumat

Kebiasaan Ikan Gabus Di Alam Liar

Tidak ada komentar :
malang - Ikan yang juga dijuluki ikan kutuk oleh masyarakat Jawa ini kian hari permintaannya dipasaran makin tinggi, hal ini di karenakan daging dari ikan Gabus yang lezat serta sangat bermanfaat bagi kesehatan dan bisa dijadikan obat untuk berbagai macam penyakit. Tak hayal banyak para peternak ikan air tawar yang mencoba beralih untuk membudidayakan jenis ini, karena prospeknya yang menjanjikan.

Bagi sobat pembudidaya ikan air tawar yang juga berkeinginan untuk mencoba terjun dalam usaha pembesaan ikan Gabus tentu sangatlah penting untuk langkah awal adalah mengetahui kebiasaan ikan gabus dialam liar, hal ini diperlukan agar Sobat nantinya bisa mengkondisikan tempat pembesaran maupun penangkaran sesuai dengan kebiasaan ikan gabus di alam, sehingga hal tersebut akan berdampak kepada keberhasilan usaha yang Sobat geluti.

Nah, Ikan gabus ini biasa ditemukan hidup di sungai, rawa danau, dan bahkan mereka juga ditemukan hidup di saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Ikan ini dialam bebas sering memangsa berbagai aneka ikan yang berukuran kecil, serangga, dan berbagai hewan air lain termasuk berudu dan kodok.

Disaat kemarau panjang yang menyebabkan keadaan sawah, kolam atau parit mengering, ikan ini akan berupaya pindah ke tempat lain, atau bila terpaksa, akan mengubur diri di dalam lumpur hingga tempat itu kembali berair. Oleh sebab itu ikan ini acap kali ditemui ‘berjalan’ di daratan, khususnya di malam hari di musim kemarau, mencari tempat lain yang masih berair. Fenomena ini adalah karena gabus memiliki kemampuan bernapas langsung dari udara, dengan menggunakan semacam organ labirin (seperti pada ikan lele atau betok) namun lebih primitif.

Pada musim kawin, ikan jantan dan betina bekerjasama menyiapkan sarang di antara tumbuhan dekat tepi air. Anak-anak ikan berwarna jingga merah bergaris hitam, berenang dalam kelompok yang bergerak bersama-sama kian kemari untuk mencari makanan. Kelompok muda ini dijagai oleh induknya.( tips agrobis )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar