Cara Memelihara

Minggu

Recovery Merpati Ala “Warung Jamu”

Tidak ada komentar :
Recovery Merpati Ala “Warung Jamu”
Pada masa lomba, ketrampilan dalam me-recovery diperlukan sekali. Minta ijin untuk berbagi pengalaman, hasil praktek bukan sekedar hasil membaca. Tidak sempurna, tapi cukup efektif dan efisien. Mudah diperoleh dan sangat terjangkau. Pernah dengar produk PT. Sido Muncul dengan nama dagang “Jamu Tolak Angin Komplit”. Dalam paketannya terdiri dari beberapa item, jamu tolak angin, beras kencur, jahe wangi, madu kembang dan pil ginseng. Isinya dijamin pasti asli, kalau tulisannya ‘madu’ sudah pasti isinya madu, tidak akan ditukar dengan gula. Atau ‘pil ginseng’ pasti benar isinya ginseng. PT sekelas SidoMuncul tidak akan ambil resiko pidana karena produk ini untuk manusia dan terdaftar di BPOM.

Paket lengkap ini bisa dipakai utk memulihkan burung lomba kita. dan dibawah ini sebagai uraiannya
  • Madu Kembang : Ini kita pakai untuk hari pertama, saat burung pulang lomba. Satu saset bisa kita larutkan pada 800-1000 ml air minum burung. Ini kepekatan yang ideal menurut saya, tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair. Bila terlalu kental…bayangkan saat kita telah berlari di bawah terik matahari….dalam keadaan haus kita diberi minuman kental. Mungkin tenggorokan akan terasa lengket. Point yang mau saya sampaikan adalah kita gunakan pada batas wajar.
  • Pil Ginseng : Ini baik kita gunakan pada hari kedua atau ketiga. Katakanlah lomba hari Minggu, maka senin malam atau kalau tidak sempat selasa malam juga boleh. Pil ginseng ini bisa kita berikan dengan cara meloloh langsung. Setiap saset isinya 5 butir pil ginseng. Ginseng sangat baik untuk memulihkan kondisi fisik yang kelelahan.
  • Kencur + Jahe : Setelah 1-2 hari diberikan ginseng maka bubuk beras kencur dan jahe bisa kita berikan sebagai kelanjutanya. Kencur dan jahe akan memperlancar peredaran darah dan pencernaan. Kelancaran ini akan membantu proses pemulihan. Pemberiannya supaya praktis bisa memakai selongsong kapsul. Di sekitar Sumur Batu harganya hanya 50 rupee per butir. 
  • Jamu Tolak Angin : Ini saya anggap sebagai residu proses recovery.
Kemasan lengkap ini sangat praktis untuk kandang yang kapasitas burung lombanya pada kisaran 10 ekor. Harga eceran di warung-warung tepi jalan kemasan lengkap ini hanya 3000 rupee saja. kalau burung lombanya 10 ekor, maka hanya perlu anggaran 6rb (2 paket) untuk setiap pos lepasan. Jika ada 8 pos dan burung masih lengkap 10 ekor maka hanya perlu anggaran sebesar 6rb x 8pos = 48rb untuk satu musim lomba. Selamat mencoba.
by Mas Nino

Tidak ada komentar :

Posting Komentar