Cara Memelihara

Jumat

Trik Cepat Mejinakan Musang Liar Bagi Pemula

Tidak ada komentar :
Cek harga - Setiap pecinta musang memiliki cara tersendiri dalam menjinakan musang yang masih liar. Namun dalam kesempatan ini kita akan mencoba tips dan trik yang sebenarnya semua orang bisa melakukannya, adapun cara yang bisa coba seperti beberapa cara yang dipakai oleh Boim Listyo seperti berikut ini:
  • Mandikan musang kesayangan Sobat, beri makan dengan tangan, mandikan seminggu pertama hampir setiap hari 1-2 kali, sikat dengan memakai sikat wc, sebab jika dengan tangan langsung tentu tidak mungkin.
  • Untuk saat memberi makan, berilah pakan berupa pepaya dengan dipotong kecil-kecil (agar saat interaksi lama), usahakn setiap memberi pepaya/pakan musang memandang kita,dan lakukan itu secara rutin sehari 2-4 kali.
  • Lakukan handfeed dan memandikan secara kontinu, setelah memberi makan, lakukanlah usap bagian kepala (pintu kandang terbuka), lakukan terus selama beberapa hari.
  • Setelah hal itu dilakukan dalam waktu seminggu, baru tingkatkan mengelus pada bagian leher kebelakang, lakukan terus saat memberikan makan.
  • Handfeed pancing dia keluar kandang, atau kaki depan diluar kandang, lakukan terus sampai dia mau, pancing makanan, lakukan berulang beberapa hari. (kandang dekatkan dengan keramaian / yang dilewati orang, bila bisa anggota keluarga memberi makan juga).
  • Jalin hubungan sedekat mungkin dengan musang kesayangan Sobat, misal sebut namanya sambil beri dia makan.
  • Tahap berikutnya, baru keluarkan musang kesayangan dari kandangnya dengan pelan-pelan, sabar dan kasih sayang, dan jangan lupa beri makan. bila mau pakai gloves sambil dielus diluar kandang, pegang buntut dan angkat. Jangan ke pundak atau posisi digendong hal itu tidak disarankan. Angkat dan turunkan lagi agar si musang merasa nyaman dan tidak kaget lakukan trik tersebut selama. 
  • Setelah semua tahapan penjinakan diatas telah sobat lakukan, selanjutnya adalah insting atau kita bisa menilai sendiri apakah musang kita bisa untuk di handle/diangkat di gendong di ajak jalan dll,karena dalam beberapa minggu/waktu kita dan musang bisa mengenali karakternya.
Keberhasilan menjinakan musang liar juga tergantung pada karakter dan cara Sobat menjinakannya. Kesabaran, waktu dan ketelatenan, serta niat juga sangatlah dibutuhkan dalam handling dan taming musang.

Semoga tips dan trik diatas bisa bermanfaat bagi Sobat pecinta musang yang hendak menjinakan musang liar untuk yang pertama kalinya, sekian dan salam wangi.( peternak denpasar )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar