Cara Memelihara

Kamis

Membuat Sendiri Basking Tempat Filter untuk Kura-kura

Tidak ada komentar :
Ketika kita memelihara kura-kura dalam aquarium yang berukuran besar, hal yang perlu kita perhatikan adalah filter dan basking. Dengan adanya basking maka kura yang ada dalam aquarium bisa berjemur dan untuk menjaga kebersihan aquarium, khususnya air agar senantiasa tetap jernih maka perlu kita letakan filter, dengan begitu kita tidak akan kerepotan untuk rajin menguras aquarium.

Di toko ikan hias biasanya menjual basking kura-kura sekaligus filter aquarium, namun jika Sobat merasa harga dari produk pabrikan tersebut mahal, Sobat bisa membuatnya sendiri seperti yang telah dilakukan oleh Yosua Teguh Saputra.

Kreatifitas Yosua membuat tempat filter dan basking kura ini terinspirasi oleh produk dari exxotera. Basking buatannya sendiri ini terdapat jalan yang tujuannya agar kura bisa mudah memanjat keatas basking untuk berjemur serta terdapat air terjun kecil, sehingga menimbulkan gemericik air aquarium yang menambah kesan aquarium lebih hidup.

Bahan Yang Diperlukan Membuat Basking Kura

  • Plaplate (plastik lembaran, Sobat bisa cari di kaskus bisa pilih yang harga murah sekitar 10.000-an)
  • Lem plastik (bisa menggunakan Alteco atau Tamiya Cement, cari di kaskus bagian modifikasi gundam)
  • Semen (Untuk membuat batunya)
  • Cat tembok ( warna hitam dan coklat, hitam kita aplikasikan untuk dasarannya sedangkan coklat di cat tipis-tipis untuk memberikan kesan warna kayu)

Cara Membuat Sendiri Basking Kura

Langkah awal bikin bentuknya terlebih dulu menggunakan plaplate yang dipotong-potong, lalu di lem pakai 'tamiya cement', untuk bentuk bisa menyesuaikan selera / kreatifitas Sobat sendiri.
 Kemudian dilapisi semen disemua bagiannya, lapisan semen yang dipakai ada 3, pertama lapisan semen + pasir dengan komposisi 50:50, lapisan kedua semen + pasir komposisi 80:20, lapisan ketiga semen dan air. Tiap bentuklah tiap lapisan tipis-tipis saja. Kemudian dikeringin setiap selesai bikin 1 lapisan masing-masing sekitar 1 hari lebih (jangan diletakan di tempat panas, dan sering dibasahi dengan cara mencipratkan air sedikit saja, hal ini Kita lakukan agar nanti lapisan semen yang telah kita bentuk tidak pecah-pecah).
Jika semen sudah kering, langkah selanjutnya adalah pengecatan pertama gunakan cat hitam tipis saja dan diulang hingga semua bagian benar-benar tertutup cat hitam, tunggu sampai kering sekitar 1 hari taruh di tempat panas biar catnya kering dengan baik.Selanjutnya pengecatan dengan cat warna cokelat, cat mengoreskan kuat lakukanlah agak mengambang agar tekstur yang tidak rata saja yang teekena cat sehingga akan memberikan kesan efek kayu, lakukan pengecatan secara tipis saja. Tinggal dikeringin lagi, taruh tempat panas sekitar 2 hari agar benar-benar kering hingga dalamnya juga.
Setelah benar-benar kering, basking buatan kita sendiri bisa kita taruh aquarium kita, sekian selamat mencoba dan selamat berkreasi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar